Keuntungan & Kekurangan Bisnis Waralaba Atau Franchise

bisnis waralaba

Jadi jangan sia-siakan kesempatan kamu untuk sukses dalam berbisnis. Menurut bahasa Prancis, waralaba atau franchise berarti hak atau kebebasan.

Namun ada beberapa bisnis yang membutuhkan banyak pengalaman dan skill yang bukan hanya skill berdagang. Jenis-jenis waralaba yang sudah kami utarakan di atas bisa dijadikan pilihan bisnis yang sesuai dengan kemampuan anda, baik kemampuan finansial maupun kemampuan dalam keilmuan.

Franchisor akan berbuat sosialisasi terlebih lewat agar para franchisee benar-benar mengerti dagang yang akan dijalani nantinya. Setelah tersebut, akan diadakan prosedur standarisasi agar siap mengetahui kelayakan franchisee sebagai mitra. Franchisee atau penerima franchise merupakan pihak nun berkedudukan sebagai rodong waralaba.

bisnis waralaba

Biasanya franchisee merupakan perorangan, namun ada juga berupa perusahaan. Franchisee akan diberikan hak untuk memanfaatkan dana dan menggunakan kekayaan intelektual atau ciri khas yang dimiliki pemberi waralaba.

Jadi tidak tertutup kemungkinan bagi anda yang memiliki modal besar untuk menjalankan bisnis ini. Namun anda harus memiliki pengalaman memproduksi produk secara massal, memahami resiko bisnis dan berbagai pengalaman lainnya. Selain itu anda harus mempertimbangkan ketersediaan energi dan juga bahan mentah. Waralaba manufaktur harus membayar kepada pemilik waralaba untuk mendapatkan lisensi agar diperbolehkan memproduksi bahan mentah atau produk jadi dengan nama merek dagang perusahaan pemilik waralaba. Produk harus diproduksi dengan standar dan spesifikasi yang ketat sehingga memenuhi standar kualitas pemilik waralaba. Anda memiliki sedikit biaya di muka, namun anda harus membeli produk grosir dari pemilik waralaba.

Mungkin Anda tidak memperhatikan keuntungan yang satu ini, namun hal ini jelas memberikan perbedaan antara bisnis franchise dengan bisnis perseorangan. Franchise mewajibkan semua toko menjual produk yang sama dan membelinya stok produk atau bahan dari satu tempat yang sama untuk menjaga kualitas produk. Memulai bisnis tentu memiliki resiko, bahkan franchise pun memiliki resiko namun salah satu manfaat membuka franchise dibandingkan dengan bisnis perseorangan adalah kesempatan sukses yang lebih tinggi. Nama dan alamat jelas pemilih atau penanggung jawab perusahaan yang membuat perjanjian, yaitu franchisor dan franchisee.

Pasalnya, bisnis satu ini masih mungkin untuk tetap dijalankan dengan modal terbatas. Ini adalah salah satu bentuk dukungan pemerintah terhadap para pelaku usaha di Indonesia lho. Nah berikut ini adalah hal-hal yang rekan-rekan harus lakukan untuk memulai bisnis waralaba. JAKARTA – Kementerian Perdagangan mencatat industri waralaba terus meningkat di Indonesia. Menteri Perdagangan Agus Suparmanto mengatakan bisnis waralaba menjadi trend usaha yang digandrungi masyarakat Indonesia.

Margin keuntungannya sempit dibandingkan menjalankan bisnis anda sendiri, karena biaya operasi dan biaya waralaba yang tinggi. Biaya waralaba dan biaya lain dalam menjalankan bisnis bisa ini sangat mahal, biaya ditentukan oleh pemilik waralaba dan anda harus setuju ketika bergabung. Para franchisee atau pembeli waralaba tersebut bakal mendapat keuntungan dari kerjasama yang telah terbangun sebelumnya oleh pemilik waralaba. Misalnya, kerjasama dengan supplier bahan baku, pihak pemasaran, dan lain sebagainya. Usaha waralaba jadi salah satu opsi terbaik bagi setiap orang yang ingin memiliki bisnis masa kini.

Bermacam-macam minuman rasa mulai dari Thai Tea, Kopi, hingga minuman buah-buahan bisa kamu temukan di HAUS. Minuman-minuman seperti ini sangat disukai oleh masyarakat, sama seperti boba. Dengan antusiasme masyarakat akan minuman ini, membuat HAUS memiliki ratusan outlet di Jabodetabek, Bandung, dan Bogor. Jadi kalau HAUS belum tersedia di daerah kamu, kamu bisa menjadi yang pertama dalam membuka HAUS di sana.